DINAMIKA MASYARAKAT DAN KEBUDAYAAN

mau-ku-edit-4


Mili

DINAMIKA

MASYARAKAT DAN KEBUDAYAAN

Untuk menganalisa secara ilmiah tentang gejala-gejala dan kejadian sosial budaya di masyarakat sebagai proses-proses yang sedang berjalan atau bergeser kita memerlukan beberapa konsep.konsep-konsep tersebut sangat perlu untuk menganalisa proses pergeseran masyarakat dan kebudayaan serta dalam sebuah penelitian antropologi dan sosiologi yang disebt dinamika sosial(social dynamic).

A Konsep-Konsep Penting Dalam Sosial Budaya Masyarakat.

Konsep-konsep penting tersebut antara lain internalisasi  , sosialisasi,dan enkulturasi. Kemudian ada juga evolusi kebudayaan yang mengamati perkembangan kebudayaan manusia dari bentuk yang sederhana hingga  bentuk yang semakin lama semakin komplek. Serta juga ada difusi yaitu penyebaran kebudayaan secara geografi ,terbawa oleh perpindahan bangsa-bangsa di muka bumi .Proses lain adalah proses unsure kebudayaan asing oleh warga masyarakat yaitu proses alkulturasi dan asimilasi.Akhir nya ada proses pembaharuan atau inovasi yang berhubungan erat dengan penemuan baru.

Proses Internalisi

Manusia mempunyai bakat tersendiri dalam gen nya untuk mengembang berbagai mavam perasaan, hasrat, nafsu, serta emosi kepribadian. Tetapi wujud dari kepribadian nyaitu sangat di pengaruhi oleh berbagai macam stimuli yang ada di sekitar alam dan lingkungan sosial dan budaya nya.maka proses internalisasi adalah proses panjang sejak seorang individu di lahirkan sampai ia hamper meninggal,dimana ia belajar menanamkan dalam kepribadian nya segala hasrat, perasaan, nafsu serta emosi yang di perlukan sepanjang hidup nya.

Proses Sosial

Proses ini bersangkutan dengan proses kebudayaan dalam hubungan dengan sistem sosial. Dalam prose itu individu dari masa anak-anak hingga masa tua nya belajar pola-pola tindakan dalam interaksi dengan egala macam individu di sekelilingi nya yang menduduki beraneka macam peranan sosial yang mungkin ada dalam kehidupan sehari-hari.

Proses Enkulturasi

Dalam proses ini eorang individu mempelajari dan menyesuaikan alam pikiran erta sikap dengan adat-istiadat, sistem norma, serta peraturan-peraturan yang hidup dalam kebudayaan nya .kata enkulturasi dalam bahaa Indonesia juga bearti “pembudayaan”. Seorang individu dalam hidup nya juga sering meniru dan membudayakan berbagai macam tindakan setelah perasaan dan nilai budaya memberi motivasi akan tindakan meniru itu telah diinternaliasi dalam kepribadianya.

Penyebaran Manusia

Ilmu paleoantropologi memperkirakan bahwa manusia terjadi di daerah sabana tropical di Afrika Timur, dan sekarang  mahluk ituudah menduduki hamper seluruh permukaan bumi ini. Hal ini diterangkan dengan adanya proses pembiakan dan penyebaran atau migrasi yang disertai dengan proses adaptasi  fisik dan soial budaya.

Penyebaran Unsur-unsur Kebudayaan

Bersama dengan penyebaran dan migrasi kelompok manuia di muka bumi , turut pula tersebar unsure kebudayaan dan sejarah dari proses penyebaran unur penyebaran seluruh penjuru dunia yang disebut  proses difusi. Salah satu bentuk difusidibawa oleh kelompok yang berimigrasi ,namun bisa juga tampa ada nya migrasi ,tapi karena ada individu yang membawa unsure kebudayaan itu , dan mereka adalah para pedagang dan pelaut.

Akulturasi dan Pembaruan atau Asimilasi

Proses sosial yang timbul bila suatu kelompok manusia  dengan suatu kebudayaan tertentu di hadapkan dengan unsur dari suatu kebudayaan asing dengan demikian rupa, sehingga unsur kebudayaan asingtersebut lambat laun diterima dan diolah kedalam kebudayaansendiri tampa menyebabkan hilang nya kepribadian kebudayaan itu sendiri

.

Asimilasi

Proes sosial yang timbulbila ada golongan manusia dengan latar kebudayaan yang berbeda-beda.Kemudian saling bergaul secaraintensif untuk waktu yang lama, ehingga kebudayaan golongan tadi masing-masing berubah sifat yang khas, dan jugaunsur nya masing-masing berubah wujud nya menjadi unsur kebudayaan yang campuran.

Pembaharuan atau asimilasi

Inovasi dan penemuan .Inovasi adalah suatu proses pembaharuan dari penggunaan sumber alam , energi dan modal, pengaturan baru dari tenaga kerja dan penggunaan teknologi baru yang semua akan menyebbkan adanya suatu sistem produksi, dan dibuat nya produk baru. Proses inovasiangat erat kaitan nya  dengan teknologi dan ekonomi. Dalam suatupenemuan baru biasa nya membutuhkan proses sosial yang panjang yang melalui dua tahap khusus yaitu: dicovery dan inovation.

Discovery adalah suatu penemuan dari suatu unsur kebudayaan yang baru, baik berupa suatu alat baru,ide baru, yang diciptakan oleh individu atau suatu rangkaiandari beberapa individu dalam masyarakat yang bersangkutan. Discovery baru menjadi invention apabila masyarakat sudah  mengakui, menerima dan menerapkan penemuan baru itu. Faktor-faktor penemuan baru bagi individu dalam suatu masyarakat untuk memulai dan mengembang penemuan baru adalah:

  1. Kesadaran para  individu akan kekurangan dalam kebudayaan.
  2. Mutu dari keahlian dalam suatu kebudayaan.
  3. Sistem perangsang bagi aktivitas menciptakan dalam masyarakat.

Perubahan sosial budaya itu  berjalan dengan cepat seiring dengan perkembangan waktu . masyarakat yang mudah mengalami perubahan sosial sering di sebut dengan masyarakat dinamis.

B. pengertian perubahan sosial budaya

Perubahan yang terjadi pada suatu masyarakat dapat menyangkut perubahan nilai-nilai, norma, pola perilaku struktur, susunan lembaga sosial, kekuasaan dan wewenang, interaksi sosial dan sebagai nya  . Aspek-aspek perubahan sosial tersebut begitu luasnya, sehingga perlu sekali dikemukakan beberapapengertian perubahan sosial budaya masyarakat.

  1. Gillin dan Gillin menyebutkanbahwa perubahan sosial adalah suatu variasi dari cara-cara hidup yang di terima, yang di sebabkan olehperubahan kondisi geografis, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideology, serta adanya di fusi dan penemuan baru dalam masyarakat.
  2. Selo Soemardjan menyebutkan bahwa perubahan sosial budaya adalah segala perubahan  pada lembaga kemasyarakatan  di dalam masyarakat yang mempengaruhi sistem sosial nya, termasuk didalam nilai-nilai, sikap, dan pola perilaku diantar kelompok masyarakat,
  3. Kingley Davis mendefinisikan bahwa  perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi dalam struktur masyarakat.
  4. William F.Ogburn menyatakan bahwa perubahan sosial adalah perubahan yang mencakup unsure kebudayaan, baik kebudayan material maupun kebudayaan non material.

Selama ini didesa telah ada seperangkat lembaga yang muncul dan timbul dari inisiatif  masyarakat setempat untuk memenuhi kebutuhan hidup yang harus dipenuhinya. Sarana yang paling tepat untuk mempercepat  pembangunan pendesaan adalah masyarakat mengeluarkan  kebijakan mengenai  perlunya pembentukan lembaga kemasyarakat modern dengan pertimbangan, bahwa  lembaga kemasyarakatan modern yang dibuat pemerintah memang di rancang ecara khusus untuk kegiatan pembangunan akan lebih memberikan peluang yang besar guna keberhasilan pembangunan itu sendiri umumnya bercorak cultural, agamis dan tradisional.

C. Perubahan Sosial dan Gerakan Sosial

Perubahan sosial terjadi apabila terdapat agen perubahan, pada tingkat kelembagaan sering kali di jumpai adanya gerakan sosial.Kondisi ideal perubahan  yang terjadi  merupakan proses tuntutan dari  bawah (bottom up) namun seringkali pula  perubahan  melalui gerakan sosial juga berasal dari  kalangan elit( top down).

Gerakan sosial merupakan bentuk dari kolektivitas orang-orang di dalamnya untuk membawa  atau menentang perubahan.gerakan sosial seringkali tidak berwujud organisasi formal, namun dapat pula merupakan bagian dari organisasi .Sehingga tidak mengherankan  apabila di dalam organisasi terdapat kelompok  yang  saling bertentangan  dan masing-masing mewujudkan dirinya dalam bentuk gerakan sosial.

pada karakteristik dari masing- bahasanya masing individu. Salah satu teori yang berkembang adalah tentang pasikologi massa merupakan salah satu bagian dari psikologi yang bertujuan untuk mengetahui perilaku atau tindakan orang dalam satu kelompok yang besar, kerumunan masyarakat dan bagaimana hubungan antara perilaku tersebut dengan kondisi biologis dan latar belakang budaya orang yang bersangkutan. Menurut para ilmuwan para psikologis, seseorang memperlihatkan identitas nya tergantung dari kemampuannya untuk menggambarkan tindakannya, sebaik kemampuan untuk merespon tindakan dari orang lain.psikologis massa fokus mempelajari tiga hal,yaitu: kebiasaan ssosial yang dilakukan individu,interaksi satu individu dengan yang lain, dan gambaran individu dalam budaya sosial. Teori psikologi massa mencoba untuk menjelaskan kenapa identitas, status dan peran individu dipelihara atau dihilangkan oleh pengaruh dan tindakan individu lain dalam bentuk kelompok di masyarakat dan bagaimana orang menjadi terpengaruh dan mengikuti tren, mode, politik, pergerakan maupun agama.

D. Perubahan Sosial di Tingkat Kelembagaan

Berbagai analisis tentang perubahan sosial ditingkat kelembagaan pedesaan jawa telah banyak diulas oleh para peneliti. Geertz telah memberikan penjelasan tentang hal itu.konsep involusi pertanian dan kemiskinan berbagai yang disampaikan oleh Geertz menggambarkan kegagalan pembangunan pertanian di jawa. Revolusi hijau membawa dampak pada terjadi nya polarisasi penduduk Jawa menjadi golongan pemilik tanah dan buruh tani.

Perubahan kelembagaan dipandang sebagai bentuk penyesuaian bentuk pranata di sipenyebab adanya ketidakefesienan pranata yang ada di pedesaan. Pandangan Marx tentang perubahan sosial menyatakan bahwa factor materialis sebagai penyebab perubahan sosial. Masuknya teknologi menyebabkan perubahan modal produksi yang akhirnya membentuk perubahan pada kehidupan sosial, ekonomi dan politik.

Sintesis

Perubahan sosial yang terjadi pada tingkat kelembagaan terjadi apabila keuntungan akan perubahan lebih besar dari pada biaya atau kerugian yang ditanggung. Konsep ini tentu akan dapat diperdebatkan mengenai pihak siapa yang diuntungkan dan pihak mana yang dirugikan. Perspektif gerakan sosial melihat bahwa dalam kelembagaan atau organisasi modern akan tercipta kelompok-kelompok dengan tujuan yang sama baik mendukung perubahan atau menentang perubahan yang terjadi.perspektif interasional melihat adanya kompetisi antar kelompok sebagai sebuah penyebab perubahan sosial.kompetisi mungkin dapat berupa konflik kepentingan tentang perubahan itu sendiri.tekanan dari luar dapat berupa teknologi (material) maupun ideologi yang berasal dari tingkat makro ataupun sumber structural seperti pemerintah.dinamika inilah yang terjadi pada kelembagaan yang pada akhirnya dapat menyebabkan perubahan sosial.

Seni tradisi

  1. Pengertian

Dari sudut pandang kebudayaan ,seni adalah salah satu bentuk eksperimen budaya kebudayaan ada karena sengaja diadakan oleh manusia untuk membentuk sebuah peradaban bagi orang-orang yang terlibat didalam nya serta untuk memenuhi kebutuhan hidup nya. Oleh karena nya hanya manusialah  makhluk yang berkebudayaan dan yang memiliki peradaban dalam hidup nya. Salah satu wujud produk kebudayaan manusia adalah seni.Maka, tidaklah berlebihan jika kemudian banyak yang menyatakan, bahwa seni tradisi dapat mengungkapkan sikap dan proses pengetahuan sosial. Bila demikian hal nya,bahwa seni tradisi nusantara memiliki wajah yang jamak( multifaced).Artinya,bahwa seni tradisi.

Nusantara dapat diamati dari berbagai sudut pandangan dan berbicara untukmengungkapkan proses pengetahuan dan perilaku sosial yang beragam pula. Dari konteks inilah kemudian ditemukan sebuah pemahaman, bahwa seni tradisi lahir sesuia dengan tingkat peradaban manusia pendukung nya. Oleh karena itu dalam seni tradisi didalam nya mengandung pengetahuan peradaban komunitas- komunitas manusia Indonesia yang beragam. Dalam kaitan ini, kebudayaan Indonesia sebagian terekspesikan lewat beragam seni tradisi yang hidupdi Indonesia itu.maka bukan sesuatu yang tidak masuk akal jikaseni nusanatra itu menjelma menjadi sebuah tradisi yang secara terus-menerus berupaya diwariskan dan dipelajari dari generasi ke generasi berikut nya.untuk itu dalam memahami seni tradisi nusantara,setidak nya dapat dilihat dari tiga pendekatan, yakni seni sebagai keindahan, seni sebagai pengetahuan, dan seni sebagai perilaku. Dari ke tiga pendekatan ini akan dapat di ketahui bagaimana seni tradisi nusantara berbicara  dan di bicarakan.tentunya sebelumnya  diperlakukan pemahaman tentang tradisi itu sendiri.

Tradisi berasal dari kata tradition yang kurang lebih mengandung pengertian sesuatu yang bersifat turun-temurun, kebiasaan, adat istiadat, dan sebagai nya. Bila mana pengertian itu dapat ditarik kedalam persoalan seni kurang lebih mengandung pegertian seni-seni yang  keberadaan dan perkembangan nya merupakan warisan dari generasi ke generasi sebelumnya yang didalam nya saratdengan komvensi-komvensi, serta berkait dengan  kebutuhan sistem sosial kehidupan membudayakan masyarakat  penduduk nya. Maka,seni tradisi nusantara dulu dan bahkan beberapa di antara nya masih terlihat sampai sekarang, kehidupannya terintegrasi dalam sistem sosial kehidupan masyarakat. Walaupun seni tradisi merupakan warisan dari generasi, akan tetapi bukan bearti hidup tatis, ia harus terus berjalan dan berdialog denganproses peradaban yang melingkupi nya. Oleh karena nya adalah wajar bilamana seni tradisi  nusantara secara wujud, fungsi, dan maknanya selalu berubah seirama dengan dinamika sosial budaya masyarakat. Perubahan itu bisa saja terletak pada pengolahanbentuk, pengetahuan serta muatan  perilaku sosial yang terdapat didilam nya. Kendatipun demikian dalam seni tradisi tetap saja terdapat unsur sosial dan ruhkultural yang terus melekat sepanjang perjalanan nya. Maka, seni     tradisi selalu dipelajari  oleh generasi berikutnya.

Tradisi dan seni tradisi tetap dipandang penting untuk dipelajari dan diwariskan kepada generasi  berikutnya karena terdapat keyakinana bahwa didalam nya terkandung makna yang pantas untuk diteladani dalam kontek kehidupan manusia secara kesinambungan. Artinya, sebagai suatu yang terjadi pada masa lampau diteruskan dan diajakan untuk masa kini karna didalam nya terdapat hal yang pantas untuk di contoh.

Dalam kata lain terdapat makna esensial dan ruhkultural yang pantas untuk diteruskan. Masalah nya adalah Bgaimana cara untuk mensikapi seni tradisi agar tetap dapat berperan sebagai sarana transformasi nilai kenusantaraan., adalah suatu amat komplek dan dilematis karena pada saat sekarang kehidupan seni tradisi berhadapan dengan gemerlapnya budaya industri seni yang lebih menghibur  dan memproduksi selera massa.

  1. Dilema Seni Tradisi

Kebedaraan seni tradisi nusantara di era globalisasi dihadapkan kepada sejumlah tantangan yang cukup dilematis.tantangan itu kurang lebih dapat di identifikasikan sebagai berikut :

  1. sebagian seni tradisi cenderung tampil kurang menggairahkan,karena dalam keadaan lesu darah, hal ini berkaitan dengan persoalan semakin memudarnya majnas dan patron-patron yang memayungi seni stradisi Nusantara untuk terus mampu malakikan aktifitas pentas maupun kegiatan yang berada di tengah-tengah masyarakat .
  2. Berhadapan dengan kebudayaan seni pop yang di pandang dapat mencitrakan gejolak emosi anak muda .
  3. Munculnya kekuatan kapitalis yang bergerak dalam industri budaya, cenderung memberi ruang sangat luas terhadap jenis-jenis populer. Secara realitas  kekuatan ini sulit untuk di hindari dan masyarakat seni tradisi tidak memiliki kekuatan untuk mengimbanginya .Akibatnya satu kendala yang lain segera melengkapi delima-delima lainnya yang muncul dalam dunia seni tradisi Nusantara .
  4. Seni tradisi Nusantara lebih di pandang dan di citrakan sebagai seni masa lalu yang kurang mencitrakan kemoderenan . seuatu yang agak menggelisahkan yakni kemungkinan munculnya suatu persepsi yang memandang bahwa seni populer dalam perspektif umum di jadikan sebagai ukuran atau standar mutu.

DAFTAR PUSTAKA

  • Gerger and Barger. 1784.The war over the family .New york ; Anchor Books.
  • Rohidi, T. 1994 Pendekatan Sistem Sosial Budaya Dalam Pendidikan .
About these ads

2 Tanggapan to “DINAMIKA MASYARAKAT DAN KEBUDAYAAN”

  1. sugeng Says:

    dalam mejelaskan emang sdah rinci tp aplikasi dalam kehidupan kurang, jadi si pembaca bagi orang awam malahan tdk mgerti……….? tp bagus jg kok

  2. geveng Says:

    mas
    aku izin mau copast ya…buat materi kuliah :-)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: