Aplikasi konsep Kebidanan

Pendahuluan

Bidan adalah profesi dan situs sejarah kesehatan manusia.Sejak zaman dahulu kala wanita membutuhkan seorang wanita lain dlm proses kelahiran seorang manusia baru.

Wanita terampil yg siap mendampingi dan menolong persalinan seorang ibu adl bidan.Hingga kn bidan mpyai t4 khusus di masyarakat tradisional d negara berkembang maupuin masy modern dan negara indistri.

Dua ungkapan dibawah ini menguatkan

pendapat itu’’

  1. Bidan adlh profesi yg diakui scr internasional dan praktisnya dpt ditemui dislrh dunia (VARNEY 1997)
  2. Peran bidan dlm menurunkan angka kematian ibu     ( AKI) diseluruh dunia sgt nyata ( MARSHAL AND BUTTINGTON 1991).

Pengertian Konsep

A.Konsep

  1. gghggrrrse uatu gagasan abstrak,suatu jembatan dr pikiran yg meliputi imajinasi,kata2 yg melukiskan sifat Objek atau suatu peristiwa.
  2. imajinasi mental yg membantu Megatur kenyataan dlm kata2 yg Mana memgknkan kt mlkkan aktitas sehari2 dlm keadaan lbh teratur.konsep itu tdk nyata ttp diciptakan utk melukiskan kenyataan.
  3. Dalam pengertian yg sederhana konsep Dapat diartikan sbg bagian rencana atau pengertian

B. Bidan

Riwayat istilah bidan  :

Klinkert (1982) berpendapatbahwa katabidan berasal

Dr bhsa sangsekerta , yaitu widwan yg artinya cakap.

Tak ada sumber air dr literature bhs indonesia yg membenarkan atau membantah pendapat klinkert ini.

Membidan artinya selamatan bagi seorng penolong persalinan yg mohon diri setelah bayi berusia 40 hr (kamus besar bahasa Indonesia / KKBI, balai pustaka : 1988) bidan mempunyai arti penting dlmmasyarakat Indonesia, ini terbukti dr adanya pepatah yg berbunyi

Beranak tiada bidan, yg maksudnya adlh org yg mendapat kesusahan ( kecelakaan dan sbgainya ) krn slhnya sendiri ( KKBI ,1988 ).

Midwife dlm bhs inggris artinya with woman yg artinya pendamping wanita. Istilah midwife sejak 1303 dan midweferypol 1483.

Obstetrics berasal dr bhs latin obstericia atau  obstetrix yg artinya sama yaitu pendamping wanita.

Di inggris kedua kata midwife dan obstetrics di pakai sbg sinonim. ( Hellman and Pritchard, 1971)

Obstetrics didefinisikan sbg cabang ilmu kedokteran yg berkaitan dng persalinann, sebelum dan sesudahnya, jadi obstetrics terutama berurusan dng fenomena dan manajemen kehamilan, persalinan , nifas baik dlm keadaan normal maupun abnormall ( Hellman and Pritchard, 1971 )

Beberapa kekhususan bidan yg di akui, yaitu, mempunyai sikap empati. Keterbukaan, peka dan tanggap terhadap perasaan, pikiran dan proses yg dialami ibu dan keluarganya. Bidan tdk hanya sbg klinisi dan pemberi asuhan kesehatan yg baik. Lebih dr itu dia juga harus sbg pendamping yg baik dan ahli.

Medukung org tua mencapai oerannya mjd org tua yg baik  ( Silverton, 1993 )

PEMASARAN SOSIAL JASA ASUHAN KEBIDANAN

  1. A. Pemasaran social jasa Asuhan kebidanan.

Pemasaran di identik dgn Proses perdagangan barng yg diorentasikan sbg preoses jual beli dan tawar menawar. Sehingga pemasaran kadang menjadi hal  yg terlupakan ketika kita membahas tentang penyediaan jasa.

Definisi Pemasaran menurut beberapa ahli adalah sbb :           1. Sumarni dan Soeprihanto ( 1995 ).

Pemasaran adlh sujatu sistem keseluruhan  dari kegiatan  bisnis yg ditujukan untukmerencanakan, menentukan harga,mempromosikan  dan mendisri busikan barang dan jasa yg memuaskan.

2. W.Y. stanton ( 1997 )

Pemasaran adlah : Sesuatu yg meliputi seluruh sistem yg berhubungan dgn tujuan dr  sebuah perencanaan dan penentuan herga sampai dgn promosi & distribusi barang dan jasa ygbisa  memuskan kebutuhan pembeli.

3. Trioso Purnawarman ( 2001 )

Pemasaran adalah :  suatu proses social dan manaserial dimanan individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginann mereka dgn menciptakan, menawarkan dan bertukar sesuatu yg bernilai satu sma lain.

“ Definisi ini berdarkan pd konsep ini yaitu :

Kebutuhan keinginan dan permintaan : produk, nilai, biaya, dan keputusan : perukaran , trnsaksi dan hubungan: pasar, pemasaran dan pemasaran / penyedia.

Adapun tujuan  pemasaran adlh mengenal dan memahami pelanggaran sedemikian rupa sehingga produk cocok dgnnya dan dpt terjual dgn sendirinya.

Proses pemasaran dpt dijelaskan lbh rinci dlm langkah2 sbb

  • Langkah 1 adlh analisis yaitu dgn membuat inventarisasi kelompok sasaran dan mencari institusi2 / stakeholder yg dpt membantu dan bekerja sama.
  • Langkah 2 yaitu melakukan riset untuk mengetahui tanggapan masyarakat terutama klmpk sasaran trhdp produk atau jasa pelayanan yg akan diberikan.
  • Langkah 3 adalah menyusun srategi pemasaran. Strategi yg digunakan disini merupakan serangkaian tindakan terpadu menuju keunggulan kompetitif yg berkelanjutan. Faktor2 nya adlh :
  1. Faktor Mikro : yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat.
  2. Faktor Makro : yaitu demografi / ekonomi politik / hukum, teknologi / fisik dan sosial / budaya.

Strategi  dan kiat pemasaran darisudut pandang penjual dpt disingkat dlm ( 4 ) yaitu :

  1. tempat yg strategis ( Place )
  2. produk yg bermutu ( Product )
  3. Harga yg komeptitif ( Price )
  4. promosi yg gencar ( Promotion )
  • langkah  ke 4 adalah monitoring dan evaluasi.monitoring adalah proses untuk menentukasn kekurangan atau kesalahan pd strategi yg telah ditetapkan.
  • Langkah ke 5 adalah pelaksanaan proses pemasaran .kegiatan ini mengunakan media yg telah dipersiapkan untuk menunjang program melalui pesan2 sehingga akan diingat oleh masyarakat  luas ataupun khussusnya bagi konsumen.

Dalam hal ini ” pemasaran sosial dpt diartikan sebagai suatu kegiatan menjual produk ygberupa komoditi tertentu spt pelayanan, ide atau gagasan dgn mengaitkan pd kebutuhan atau minat masyarkat.

Tujuan pemasaran sosial sbb :

  1. memberikan pelayanan yg bermutu yg dibutuhkan masyarakat.
  2. memberikan pelayanann dgn standar praktik, keterampilan yg mantap ( dalam memberikan pelayanan kpd klien )

Tujuan akhir  dan konsep,

Kiat dan strategi pemasaran adalah kepuasan pelanggan sepenuhnya ( total customer satisfaction ) . keputusan pelanggan sepenuhnya bukan berarti meberikan kpd apa yg menurut kita keinginan dr mereka, tetap apayg sesungguhnya mereka inginkan serta kapan dan bagaimanan mereka inginkan. Atau secara singkat adlah memenuhi kebtuhan pelanggan.

Konsep pemasaran yg perlu dipahami dlm kaitannya dgn pemasaran social  jasa asuhan kebidanana adlah faktor2 yg mempengaruhi pemasaran yaitu

  1. kebutuhan, keinginan dan permintaan.

–   keinginan ( wants ) adalah hasrat akan suatu hal sesuai dgn kebutuhannya

–   permintaan ( demands ) adalah keinginan akan sesuatu yg didukung dgn kemampuan serta kesediaan membelinya.

2.   Produk

Produk merupakan sesuatu yg dpt ditawarkan  utnuk memuaskan suatu kebtuhan / keinginan masyarakat.

3. Transaksi

Transaksi merupakan proses seseorng mendapatkan produk baik dgn memproduksi sendiri,pemaksaan, meminta maupun pertukaran

4. Pertukaran

Pertukaran merupakan tindakan memperoleh barang yg dibvtuhkan atau dikehendaki seseorang dgn menawarkan suatu imblan

5. Pasar

Pasar terdiri darisemua pelangan yg potensial memiliki kebutuhan yg sama dan bersedia Dan mampu melaksankan pertukaran untuk memenuhi kebutuhan trsbt.

Pemasaran social adalah  penerapan teknik peamsaran  niaga untuk mencapai suatu tujuan social yg bermanfaat       ( HIV / AIDS Prevention Project ( HAPP), 1999 ).

Kemapuan berwirausaha, wirausaha social bersifat praktis dan pragmatis.

–     dampak social, seorang wirausahawan haruslah beride baru, praktis dan cukup berguna, sehingga akan digunakan oleh orng lain begitu ide tsb diaplikasikan.

–     Karaktereritis, adlh seseorang yg dpt menjalankan fungsi2 layanan public. Atau orng yg dpt dipercaya dan menjaga kehormatannya.

7 Tanggapan to “Aplikasi konsep Kebidanan”

  1. fitri Says:

    tambah peran dan fungsi bidan dunxxx

  2. mifta Says:

    kq g lengkp sich???
    ada mtri tntng proses berubah g???

  3. Windha Says:

    Definisi bidan menurut who dong kak?

  4. Ratna Says:

    Ka,itu tentang konsep kebidanan dalam aplikasi bkn?jelaskan yang lebih sPesifik lagi.trims..

  5. nila shoraya Says:

    pengEn Liat Yang fuLLnya gmana yach???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: