PEMASARAN SOSIAL

BAB 1

PERENCANAAN PEMASARAN PERUSAHAAN

  1. LATAR BELAKANG

Sebelum mengembangkan trategi atau program pemasaran untuk suatu produk, jasa, ataupun liniu produk yang berkaitan, manejer harus mengetahui peranan yang akan dimainkan oleh produk tersebut dalam rencana jangka panjang organisasi.

Ada dua macam keputusan manejer puncak yang terlibat dalam perencanaan pemasaran perusahaan.

  1. manejemen puncak harus mengenali bisnis – bisnis apa yang akan dimaksudkan dalam perusahaan dimasa yang akan datang dengan memilih strategi perusahaan yang merinci produk – produk yang akan dihasilkan dan pasar – pasar yang akan dilayani oleh perusahaan secara keseluruhan.
  2. manejemen puncak harus harus menentukan macam distribusi yang diharapkan akan diberikan oleh tiap –tiap produk terhadap strategi perusahaan jangka panjang.

Strategi bauran produk adalah keputusan manejemen puncak yang merincikan:

  1. bagian relatif dari sumber dana yang langka yang akan diterima oleh tiap –tiap produk atau lini produk
  2. sasaran utama (misalnya pertumbuhan penjualan atau bagian pasar ataupun kemampulabaan). Yang harus dicapai oleh para manejemen untuk masing – masing produk atau lini produk.

Tujuan dari bab ini adalah untuk mengenali berbagai strategi perusahaan bauran produk yang tersedia bagi manejemen puncak dan untuk mengmbangkan renvana pamasaran perusahaan .

  1. STRATEGI PERUSAHAAN

Bila suatu organisasi baru didirikan, pada umumnya akan beroentasi kepada produksi atau penjualan (kedua – duanya) satu produk tungal, jasa tungal, ataupun satu lini produk dan jasa yang erat hubungannya. Bahkan dengan semakin ukuranya perusahaan mereka cenderung tetap dikenal berdasarkan satu bisni utama. Kebanyakan perusahaan minyak mempunyai saham pada bidang – bidang batu bara, gas alam, dan bidang – bidang enerji yang berkaitan lainya.

Strategi perusahaan adalah: rencana – rencana jangka panjang yang dirancang untuk memilih berbagai bisnis yang segarusnya dimasukin dalam perusahaan. Strateghi ini mengendefinisikan pasar – pasar yang akan dilayani (mendifinisikannya dalam bentuk kebutuhan atau pelangan atau keduanya) serta lini produk atau jasa yang akan dihasilkan berdasarkan penilaian terhadap lingkungan, suimber daya dan sasaran perusahaan.

Faktor –faktor yang mempengaruhi strategi perusahaan.

Pada umunya strategi perusahaan harus diturunkan terhadap analisis tiga elemen:

  1. masalah dan peluang lingkungan
  2. sasaran perusahaan
  3. serta sumber daya dan kompentesi

strategi perusahaan harus konsistem dengan sasaran perusahaan, dapat dicapai dengan sumber daya yang ada(atau yang diperkirakan ada), serta memperhitungkan masala – masalah dan peluang – peluang yang mungkin ada pada lingkungan.

  1. MASALAH DAN PELUANG LINGKUNGAN

Semua organisasi beroperasi dalam suatu lingkingan yang dinamis yang dapat menimbulkan berbagai masalah atau peluang dalam pasar perusahaan yang sekarang ada maupun yang akan datang. Para manajer harus sadar terhadap dampak yang mungkin terjadi dari enan kekuatan lingkungan yang besar.

  1. karakteristik demografis, seperti distribusi usia dari populasi, angka kelahiran, pertumbuhan penduduk, perpindahan penduduk regional, dan persentase dari keluarga dan suami yang bekerja.
  2. nilai – nilai sosial dan budaya, misalnya sikap terhadap kesehatan dan gizi, kebutuhan untuk mengukapkan pribadi, materialisme, perhatian kepada ekologi, keamanan produk – produk
  3. faktor – faktor ekonomi, meliputi inflasi dan tingkat pengaguran, petumbuhan ekonomi, kelangkaan bahan baku, biaya enerji, tingkat bunga dan pajak impor dan pajak.
  4. teknologi, khususnya perkembangan dan perusahaan terhadap dampak dan produk yang tersedia dipasar dan jenis proses misalya otomatisasi atau penggunanan bahan – bahan sintensis. Yang digunakan untuk menghasilkan produk ini.
  5. undang – undang dan peraturan, meliputi faktor – faktor regulasi mengenai jenis periklanan yang tersedia bagi produk.
  6. persaingan, yang sampai batas tertentu merupakan fungsi dari kekuatan –kekuatan dari lingkungan lain.

Secara spesifik, baik identitas dari persaingan maupun macam pusat perhatian  misalnya oreantasi kepada harga atau oreantasi kepada teknologi persaingan dapat berubah karena:

  1. masuknya perusahaan baru (khususnya perusahaan asing)
  2. dibelinya persaing yang kecil oleh perusahaan yang besar yang dananya kuat
  3. deregulasi, perubahan kondisi ekonomi, atau adanya proses produksi yang baru yang mendorong meningkatnya persaingan harga.
  4. perubahan nilain sosial dan budaya atau teknologi baru yang membuat masyarakat mau membeli produk atau jasa yang tadinya dianggap tidak bersaing.

  1. SUMBER DAYA DAN KOMPETENSI

Dalam mengembangkan strategi perusahaan, manajemen puncak juga harus menganalisis sumber daya yang akan tersedia bagi organisasi. Dalam arti yang paling luas sumber daya meliputi:

    1. sumber daya keuangan, misalnya cadangan kas
    2. keterampilan tenaga kerja dan majerial, seperti kemampuan untuk menghasilkan produk teknologi tinggi atau mengelolah anggaran periklanan yang besar.
    3. kapasitas produksi dan efensiensi yang besar
    4. keterampilan openelitian dan pengembangan dan hak paten.
    5. penguasaan atas bahan baku penting, misalnya kepemmilkan sumber –sumber enerji
    6. ukuran dan keahlian armada penjual dan sistem distribusi

  1. SASARAN PERUSAHAAN

Sasaran perusahaan berfungsi sebagai titik pusat utama untuk strategi perusahaan, dan sering kali ini diubah sepanjang waktu.sebagai contoh banyak perusahaan yang pada umumnya sangat bergantung pada industri pertahanan telah menjadari bahwa penjualan dan laba berfluktuasi dengan tajam dari tahun ketahun karena ketidak pastian dan beubah – ubahnya kontrak dengan pemerintah. Karenanya beberapa dari perusahaan ini mulai memusatkanya pada trabilitasnya volume penjualan sebagai sasarab utama daru trategi perusahaan.

Beberapa perusahaan mungkin menetapkan tujuan stabilitas penjualan untuk menguragi masalah musiman. Pada bisnis yang kecil yang dikendalikan secara ketat, memelihara kendali organisasi dapat merupakan sasaran manajemen puncak. Pada peruisahaan lain, pertumbuhan penjualan atau kemampuan labaan mungkun sasaran utama.

Proses perkembangan strategi perusahaan dinyatakan oleh:

  1. meneliti masalah dan peluang lingkungan
  2. memilih sasaran perusahaan dan sesuai dengan peluang diatas
  3. meneliti sumber daya dan kompeteni yang menonjol yang dapat digunakan dalam menerapkan strategi

ada 3 strategio yang berfokus pada pasar adalah:

  1. penerasi pasar
  2. pengembangan produk
  3. intergrasi vertikal

5

Masalah dan peluang                      sasaran perusahaan                sumber daya dan

lingkungan                                                                                   kompetesi

Strategi perusahaan

Faktor – faktor yang mempengaruhi strategi perusahaan

Pengembangan produk strategi meliputi pengembangan produk baru untuk pasar yang sudah ada.

  1. menghidupkan kembali pertumbuhan penjualan dari produk yang lesu
  2. memenuhi kebutuhan dan pelangan keinginan berubah
  3. menandingi penawaran baru dari persaing
  4. memanfaatkan teknologi baru
  5. memenuhi kebutuhan dari sekmen pasar tertentu

BAB 11

STRATEGI BAURAN PRODUK

Strategi perusahaan dari suatu organisasi mengendifikasikan cakupan produk dan pasar yang akan dilayani oleh perusahaan secara umum. Tetapi tidak memberikan gambaran terinci mengenai bagaimana perusahaan akan mengendalikan sumber daya yang ada. Semua organisasi mempunyai sumber dana yang terbatas, dan manajemen puncak harus mengolokasikan sumber dana ini kepada para manajer menengah yang akan bertanggu jawab kapada perusahaan yang ada. Dengan mengembangkan strategi bauran produk, manajemen puncak dapat merinci sasaran yang harus dicapai oleh masing – masing produk dalam rangka melaksanakan strategi perusahaan.

Ada dua konsep pemasaran yang bermanfaat yang dapat digunakan oleh manajemen puncak dalam mengembangkan strategi bauran produk:

  1. model porfolio produk

para infektor yang serius biasanya mempunyai porfolio (komposisi) dari berbagai macam investasi modal, masing – masing dengan karakteristik khusus dalam hal resiko, tingkat pengembalian modal, dan apresiasi.

  1. siklus hidup produk

konsep siklus hidup produk memainkan peranan yang penting dalam pengembangan strategi bauran. Konsep ini berguna untuk mengendali artipersaingan dari kencenderumngan perjualan untuk produk yang sudah ada dan untuk melihat lingkungan persaingan alternatif bagi produk baru.

Ada 4 tahap siklus hidup produk

  1. introduksi produk adalah baru bagi pasar oleh karena itu ada sedikit persaing, dan kebanyakan pembeli dan bahkan belum pernah mencoba produk itu dan hanya mengetahui tentangnya.
  2. pertumbuhan produk mulai dikenal secara luas dan penjualan berkembang pesat, menarik pesaing baru untuk mem,asuki pasar
  3. kedewasaan pertumbuhan penjualan mulia medatar karena sebagiab besar pemilik potensial telah mencoba produk
  4. 4. penurunan, penjualan perlahan – lahan menurun karena kebutuhan pembeli berubah atau masuknya bentuk produk atau kelas produk pengganti

walaupun manajer dapat mengukur SHP dalam satuan penjualan merek, penjualan bentuk produk, penjualan kelas produk, terlalu sering bahwa interprestasi yang pertamalah yang digunakan. Produk baru pada umumnya memerlukan pengujian pasar yang lebih ektensif dan pengeluaran promnosi awal, karena konsep produk dasar harus juga dipromosikan selain mereknya.

BAB 111

MENGEMBANGKAN SASARAN – SASARAN PRODUK

Strategi bauran produk bermanfaat dalam memberikan arah bagi kegiatan – kegiatan pemasaran dari perusahaan dengan banyak produk.

Strategi bauran produk membentuk merinci peran yang akan dimainkan dalam masing – masing produk.

Mempertahan kan kemampuan produk – produk

yang rendah dan yang kekurangan sumber daya untuk menunjang pertumbuhan bagian pasar.

RENCANA PERUSAHAAN DAN MANAJEMEN MENENGAH

Rencana pemasaran penting bagi para manajer pemasaran dalam

  1. pada klebanyakan organisasi, pemasaran memengang peranan penting dalam mempengaruhi strategi perusahaan dan bauran produk
  2. seluruh personil pemasaran bertanggung jawab dengan caranya masing –masing untuk mengembangkan dan melaksanakan strategi program pemasaran yang perluh untuk mencapai sasaran dan program produk.

Dalam mengenali strategi dan propgram ini seringkali akan tampak jelas bahwa biaya untuk mencapai sasaran produk akan begitu besar atau bahwa tidak ada cara yang layak untuk mencapainya. Karena tidak adanya sumber daya atau karena kekuatan persaing dan faktor –faktor lain. Akibatnya rencana – rencana pemasaran perusahaan mungkin perlu direvisi apabila kelayakanya telah dapat dinilai.

BAB 1V

KESIMPULAN

Strategi perusahaan memberikan cetak biru untuk pengembangan jangka panjang dari organisasi yang aktif dan menuntungkan dengan menetapkan pasar yang akan dil;ayani dan produk serta jasa yang akan ditawarkan. Dalam bab ini berbagai macam strategi disajjikan dan alasan untukb memilih masing –masing jenis strategi. Secara umum strategi perusahaan dipilih berdasarkan analisis terhadap faktor – faktor lingkunganb khususnya pertumbuhan pasar., sumber daya perusahaan, serta sasaran jangka panjang.

Tetapi peluh di ingat bahwa strategi perusahaan dan strategi bauran produk bukanlah bidang –bidang keputusan yang secara total berdiri sendiri.

10

2 Tanggapan to “PEMASARAN SOSIAL”

  1. tobianus hasan Says:

    tulisannya bagus. saya ingin tanya bagaimana membuat proposal pemasaran sosial di bidang gizi terutama mengenai penanganan gizi buruk. makasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: