MAKALAH TAKTIK JITU MEMPENGARUHI

BABI

PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang

Taktik mempengaruhi adalah hal penting di dalam semua situasi kepemimpinan. Dalam makalah ini penulis akan memberikan taktik yang hebat untuk mempengaruhi orang lain. Misalnya Anda sebagai model peran. Disini Anda memimpin dengan contoh sehingga orang lain dapat belajar dari tindakan dan sikap Anda. Pastikan tindakan dan kata-kata Anda konsisten.

  1. Pokok Permasalahan
    1. Apa saja taktik mempengaruhi orang lain itu?
    2. Apakah taktik mempengaruhi itu sangat penting bagi seorang pemimpin?
    3. Bagaimana caranya mempengaruhi orang lain?
  2. Tujuan Penulisan

Penulis menyusun makalah ini bertujuan disamping untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh Dosen Pengampu, juga untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan bagi penulis sendiri. Dengan ini dapat mengetahui letak kemampuan dan keterbatasan ilmu penulis. Juga para pembaca makalah ini, akan mendapatkan ilmu yang lebih mendalam lagi.

D. Metode Penulisan

Metode yang digunakan untuk menyusun makalah ini ialah dengan mengambil dan menyalin dari buku referensi menurut silabus mata kuliah Leadership. Selanjutnya disusun secara runtun sehingga tersusun dan selesailah makalah ini.

BAB II

PEMBAHASAN TAKTIK JITU MEMPENGARUHI

Dalam makalah ini kita akan mempelajari beberapa taktik yang hebat untuk mempengaruhi orang lain di tempat kerja atau lainnya karenanya kita berlatih kepemimpinan.

  1. A. Pengertian Pemimpin

Menurut stoner kepemimpinan adalah sebagai proses mengarahkan dan mempengaruhi kegiatan yang berhubungan dengan tugas. Ada tiga implikasi penting, pertama, kepemimpinan melibatkan orang lain ( bawahan atau pengikut ), kwalitas seorang pemimpin ditentukan oleh bawahan dalam menerima pengarahan dari pemimpin. Kedua, kepemimpinan merupakan pembagian yang tidak seimbang diantara para pemimpin dan anggota kelompok. Pemimpin mempunyai wewenang untuk mengarahkan beberapa dari kegiatan anggota kelompok dan sebaliknya anggota kelompok atau bawahan secara tidak langsung mengarahkan kegiatan pimpinan. Ketiga kepemimpinan disamping dapat mempengaruhi bawahan juga mempunyai pengaruh. Dengan kata lain seorang pimpinan tidak dapat mengatakan kepada bawahan apa yang harus dikerjakan tapi juga mempengaruhi bagaimana bawahan melaksanakan perintah pemimpin.

  1. B. Fungsi Pemimpin

Perilaku pemimpin mempunyai dua aspek yaitu fungsi kepemimpinan (style leadership). Aspek yang pertama yaitu fungsi-fungsi kepemimpinan menekankan pada fungsi-fungsi yang dilakukan pemimpin dalam kelompoknya. Agar berjalan efektif, seseorang harus melakukan dua fungsi utama yaitu : 1) fungsi yang berkaitan dengan pemecahan masalah dan 2) fungsi-fungsi pemeliharaan (pemecahan masalah sosial). Pada fungsi yang pertama meliputi pemberian saran pemesahan dan menawarkan informasi dan pendapat. Sedangkan pada fungsi pemeliharaan kelompok meliputi menyetujui atau memuji orang lain dalam kelompok atau membantu kelompok beroperasi lebih lancar.

  1. C. Anda Sebagai Contoh Model

Cara sderhana tapi efektif untuk mempengaruhi anggota kelompok adalah memimpin dengan contoh. Anda harus bertindak sebagai model peran positif sehingga orang lain dapat belajar dari tindakan dan sikap Anda. Pendekata ideal untuk memimpin dengan contoh adalah “Lakukan seperti aku katakan dan lakukan”.

Pastikan tindakan dan kata-kata Anda konsisten. Tindakan dan kata-kata Anda harus sesuai, selaras dan saling menguatkan. Tanpa konsistensi, Anda akan kehilangan kredibilitas dan orang tidak akan lagi menghormati Anda sebagai Anda sebagai pemimpin. Bangun reputasi sebagai tipe orang yang bisa contoh orang lain. Perlakukan orang lain dengan keramahan dan kesopanan sebagaimana Anda ingin diperlakukan oleh orang lain.

  1. D. Menjadi Pemimpin Yang Baik

Untuk menjadi pemimpin, seseorang harus memberi inspirasi bagi orang lain untuk mencapai tujuan yang bermanfaat, metode yang alamiah adalah dengan daya tarik inspirasional atau mempengaruhi orang lain untuk melakukan sesuatu dengan memicu respons emosional tertentu. Daya mempengaruhi itu adalah …..

  1. Apa yang Anda ingin orang lain lakukan atau rasakan?
    Titik awal untuk menciptakan daya tarik inspirasional adalah mengidentifikasi apa yang Anda ingin orang lain lakukan atau rasakan. Kemudian pilihan kata, kalimat dan ide yang sesuai dengan tujuan Anda. Misalnya, sebagai Manajer Anda kecewa dengan sikap karyawan Anda yang ceroboh dalam hal kebersihan dan kerapian tempat kerja, jadi komentar Anda yang pas untuk memberi inspirasi adalah …..

    1. i.      Apa kamu tidak ingin kelihatan tampil sebagai pemenang?
    2. ii.      Jika kita ingin orang lain menganggap kita profesional, kita harus tampil seperti profesional.
      1. Guanakanlah kata atau kalimat yang berpengaruh
      2. i.      Saya tidak ingin melihat atau mendengar tentang tubuh yang hancur dipabrik ini.
      3. ii.      Kita butuh lingkungan yang aman, nyaman dan ramah.
        1. Ajukan Pertayaan yang Benar

Salah satu tekhnik inspirasi yang efektif adalah mengajukan pertanyaan yang menimbulkan jawaban yang emosional. Pertanyaan Anda mendorong karyawan untuk memberi jawaban yang memicu emosi mereka dan membuat mereka bertindak. Pertanyaan yang diajukan seperti “Apa kalian tidak ingin tampil sebagai pemenang?” mengajukan pertanyaan sering kali lebih bagus ketimbang membuat pertanyaan seperti: “Saya ingin kalian mulai tampil sebagai pemenang”. Menjawab pertanyaan akan menyebabkan munculnya aktivitas mental dan komitmen bukan sekedar mendengar pesan saja.

  1. Memberikan Inspirasi orang dengan kisah sukses

Kisah sukses adalah salah satu jalan untuk memberi inspirasi bagi orang lain agar mengembangkan diri mereka. Carilah melalui buku atau media lainnya cerita tentang orang-orang biasa yang mencapai prestasi hebat. Orang sering kali terinspirasi oleh cerita-cerita orang biasa yang mengawali bisnis dapur atau garasi dan berhasil menjadi pemimpin bisnis tingkat dunia.

  1. E. Jadilah Pribadi Yang Menarik

Cara lain untuk mempengaruhi orang lain adalah cara yang berkaitan erat dengan karisma dan daya tarik inspirasional orang dengan kepribadian menawan akan menarik orang lain melalui pesona dan kualitas yang berkarisma seperti Carly Fiona, eksekutif papan atas di Hewlett – Packard adalah salah satu contoh luar biasa. Orang-orang yang mengenalnya mendeskripsikannya sebagai perempuan yang menonjol, cemerlang dan hangat. Keramahan Fiona membuat dirinya mudah di dekati. Konsekuennya, karyawan tidak ragu-ragu untuk mengemukakan persoalan kepadanya.

–         Lepaskan emosi pada saat yang tepat

Cara lain untuk memberi inspirasi kepada orang lain adalah dengan menunjukkan emosi. Tunjukkan emosi dan perasaan Anda dengan cara yang terencana dan taksis. Ledakan emosi yang positif juga membantu untuk membangkitkan respons emosional dari anggota kelompok. Berteriak, tertawa mendadak atau menangis terharu dapat memperuat efektivitas kepemipinan.

Daya tarik emosional dan penampilan emosional adalah bagian penting dari kepemimpinan yang karismatik, akan tetapi jika Anda selalu emosional, maka Anda tidak akan dianggap sebagai pemimpin yang strategis dan tenang, ngamuk-ngamuk setiap hari juga akan menjengkelkan orang lain.

  1. F. “Wah, Aku Suka Masukanmu”

Berkonsultasilah dengan orang lain sebelum mengambil keputusan. Ini adalah taktik yang sederhana tapi efektif untuk mempengaruhi orang lain. Musyawarah adalah taktik mempengaruhi yang paling efektif ketika tujuan dari seseorang yang akan dipengaruhi sesuai dengan tujuan pemimpin. Ini adalah saran-saran ketika Anda hendak bermusyawarah:

–         Ketika Anda bermusyawarah dengan orang lain, jangan sampai terlihat oleh orang lain bahwa Anda sudah punya keputusan. Jika tidak, Anda akan tampak selalu menggurui.

–         Bantahlah saran yang tak berguna dengan baik-baik.

  1. G. Tak Ada Yang Menyamai Si Jenius

Menjadi seorang pakar pokok masalah (Subject Matter Expert – SME) pada topik yang pentig bagi organisasi adalah strategi yang efektif untuk mempengaruhi orang lain. Menjadi seorang SME berarti bisa mempengaruhi orang lain dengan membujuk mereka secara rasional. Tapi, jika Anda terlalu mendalam di dalam peran pakar teknis, hal itu malah bisa merintangi promosi Anda menuju ke posisi pemimpin. Jika Anda seorang SME, biarkan orang tahu bahwa Anda juga mampu dalam hal manajemen dan supervisi.

  1. H. Jadillah Orang Yang suka menolong

Menawarkan pertolongan kepada orang yang membutuhkan bantuan adalah taktik dasar untuk mempengaruhi orang. Dengan saling menolong. Anda sekaligus melakukan tawar menawar dengan pihak lain. Dengan kata lain, Anda menolong hari ini dengan harapan Anda mendapat pertolongan di kemudian hari jika memang membutuhkan seperti contoh:

Manajer Sumber Daya Manusia (SDM) mengambil inisiatif membantu seorang rekannya di perusahaan lain untuk merekrut seorang analis kompensasi yang cacat secara fisik. Beberapa bulan kemudian, manajer SDM itu meminta rekannya tersebut untuk mencalonkannya sebagai anggota masyarakat profesional.

  1. I. Memanipulasi orang denga cara yang etis

Manipulasi yang dideskripsikan disini adalah metode mempengaruhi orang lain secara halus, tidak langsung dan terselubung yang kadang menggunakan tipuan atau terkadang tidak. Penipuan disini berarti menyimpang dari kebenaran, tetapi bukan secara ngawur atau culas. Jika Anda orang yang etis, mungkin Anda akan menghindari tipuan.

Manipulasi terkadang diperlukan karena taktik mempengaruhi secara langsung mungkin tidak efektif karena alasan keadaan, tetapi manipulasi juga jika dipakai secara tidak etis, taktik manipulasi dapat menjadi senjata makan tuan dan melemahkan kredibilitas menjadi seorang pemimpin. Berikut ada tiga tekhnik yang bermanfaat bagi pemimpin.

  1. Teknik Band Wagon

Tekhnik ini mempengaruhi orang lain dengan menunjukkan bahwa orang lain terlibat dalam kegiatan yang telah ditetapkan. Caranya begini:
Austin Bewer adalah manajer sistem informasi. Bosnya Austin sedang berencana menginventariskan uangnya pada Website yang punya Link dengan situs lain. Untuk mengatasi keinginan bosnya, Austin memberitahu kepada Si Bos “saya sudah meriset Website itu, kita satu-satunya perusahaan yang kecil. Lagipula, kita kehilangan banyak komisi karena tak punya Link dengan pemain utama. Apa yang harus kita lakukan?” bosnya menjawab “Kalau begitu, mari kita bangun Link itu”.

  1. Bercanda dan Membanyol

Canda dan banyolan biasanya menjadi tekhnik yang sangat berguna ketika Anda mempengaruhi seseorang yang hubungannya dengan Anda tidak begitu formal. Gurauan dan banyolan harus bisa menyampaikan pesan, tetapi jangan sampai masuk kehumor yan kasar. Barangkali tak masalah berkata kepada rekan sekerja “Aku tahu kamu terlalu sibuk menjalin jaringan kerja sampai-sampai tak sempat memberi aku informasi”. Tetapi jangan bilang “Aku tahu kamu sibuk merayu orang-orang”.

  1. Memberikan Manfaat yang tersembunyi

Adalah tekhnik dimana agen pengaruh menyinggung beberapa keuntungan tertentu yang mungkin muncul dari hal-hal yang dikeluhkan. Misalnya:

Beberapa karyawan menolak ditugaskan selama enam bulan sebagai tenaga khusus karena mereka menganggap pekerjaan itu membosankan lalu agen pengaruh mengatakan “Tugas khusus ini bisa merupakan peluang besar, melakukan tugas khusus adalah cara terbaik untuk mendapat perhatian dari manajemen”.

BAB III

PENUTUP

  1. Kesimpulan

Dari uraian tersebut dapat disimpulkan paling tidak Anda harus tahu hal ini:

  1. Mempengaruhi orang lain dengan contoh dan menunjukkan emosi.
  2. Menjadi orang yang punya daya tarik personal adalah cara umum untuk mempengaruhi orang.
  3. Saling menolong tetap merupakan salah satu taktik pengaruh yang efektif
  4. Bermusyawarah adalah cara efektif untuk membuat orang lain memahami pikiran Anda.
  5. Jadilah pakar persoalan untuk memperkuat kemampuan Anda mempengaruhi orang lain.
  6. Memanipulasi orang harus dilakukan secara etis.

Psikologi kepemimpinan disimpulkan sebagai kemampuan untuk mempengaruhi bawahannya, sehingga bawahannya termotivasi untuk mencapai tujuan organisasi dan peranan atau tugas pemimpin adalah sebagai kekuatan yang dinamik yang mendorong, mengarahkan, memotivasi dan mengkoordinasikan aktifitas kelompok yang berhubungan dengan tugas organisasi dalam menetapkan tujuan yang akan dicapai.

  1. Saran – saran

Demikianlah, makalah ini penulis susun sedemikian singkat. Mudah-mudahan makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis dan para pembaca, setidaknya mengetahui bagaimana caranya mempengaruhi orang lain bila kita menjadi seorang pemimpin.

Cukup sampai disini, mohon kritik dan sarannya bila dalam penyusunan makalah ini terdapat kesalahan dan kekurangan.

DAFTAR PUSTAKA

  1. Andrew J. Dubrin. 2009. “The Complete Idiot’s Guides to Leadership 2nd Edition” Alih Bahasa : Tri Wibowo. B.S. Jakarta: Prenada.

Satu Tanggapan to “MAKALAH TAKTIK JITU MEMPENGARUHI”

  1. novri andi Says:

    ok lah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: